Keharmonisan Masyarakat vs Political Issues

30 06 2009

Next Indonesian President

“Presiden milih siapa nih mas?”

“Yah kalo saya sih yang penting Indonesia aman, sejahtera, dan lebih maju dari negara lain.”

Cuplikan diatas adalah obrolan santai antara 2 orang pemuda di sebuah kota di Indonesia. Siapa tidak tahu tanggal 8 Juli 2009. Nasib Indonesia 5 tahun kedepan dimulai dari tanggal 8 tersebut. Semua capres-cawapres mengelu-elukan program-program mereka 5 tahun kedepan. Pesta demokrasi ini membuat rakyat memilih calon mana yang realistis dan optimistis dalam memperjuangkan suara mereka. Masyarakat menyambut baik demokrasi jika dibandingkan dengan jaman orde baru. Perbedaan pendapat antar mereka yang diimbangi oleh rasa saling menghargai. Keharmonisan seperti ini harus selalu kita jaga, seperti nenek moyang kita yang selalu memupukkan nilai gotong royong antar sesama.

Tapi semakin dekat dengan tanggal 8 Juli ketika situasi politik nasional semakin menghangat, romantisme tersebut seakan boleh saja dihancurkan hanya karena kehausan beberapa pihak yang haus akan kekuasaan. Ada pihak yang berasumsi bahwa itu adalah political strategy, dan wajar dilakukan oleh pihak-pihak tertentu. Tapi coba kita bandingkan, pantaskah keharmonisan jutaan masyarakat Indonesia ditukar dengan kepentingan oknum-oknum tertentu? Bila melihat makna dari “Dari Rakyat, Oleh Rakyat, dan Untuk Rakyat”, saya rasa kita sudah tau kalau hal itu tidak sebanding.

Indonesia terdiri dari berbagai macam kebudayaan dan kepercayaan. Itu sebabnya kita menjunjung tinggi nilai “Bhinneka Tunggal Ika”. Tapi masih saja ada oknum-oknum yang mengangkat issue tentang agama hanya untuk menjatuhkan pihak tertentu. Apakah mereka tidak melihat sejarah Indonesia dimana banyak kasus yang terjadi karena issue agama. Sebut saja seperti Timor Timur, Poso, dan lainnya. Cukup sudah tangisan anak bangsa terurai hanya karena issue yang dilontarkan oleh oknum-oknum tertentu.

Etos dalam berpolitik harus lebih diperhatikan oleh mereka. Agar cita-cita keamanan, kesejahteraan, dan kemajuan Indonesia yang dimiliki pemuda diatas serta seluruh masyarakat Indonesia lainnya dapat terlaksana. Dan Bangsa ini akan tetap maju bersama rakyat, melebihi bangsa-bangsa lainnya.  


Actions

Information

4 responses

1 07 2009
Meyrina Simarmata

ciee.. abang qboy hobby nulis jg tnyata.. hehe..

2 07 2009
rikyboypermata

hehe menyalurkan hobby aj :p

31 08 2009
CR

Lanjut Gan!!

1 09 2009
Riky Boy H. Permata

heuheu lanjutt…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: