WiMAX vs Fibre Optic

8 12 2010

Internet hampir menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat pada saat ini. Khususnya bagi mereka yang berada pada kota-kota besar, yang membutuhkan arus informasi yang cepat. Segment yang ber-aneka ragam dari kalangan mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga professional yang memiliki keterkaitan terhadap Internet pada aktivitas mereka.

Media yang dibutuhkan terbagi menjadi 2 kategori yaitu kabel (Wired) atau nirkabel (Wireless). Masing-masing kategori tersebut juga memiliki beberapa jenis yang berbeda, yang memiliki keunikan sifat teknologi yang akan dirasakannya. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan ringkasan perbandingan antara WiMAX dan Fibre Optics.

WiMAX atau biasa disebut protocol 802.16, merupakan teknologi koneksi internet wireless yang memiliki keunggulan dari kecepatan data (bandwidth) dan jangkauan area (coverage distance). Untuk bandwidth dari WiMAX yaitu mampu mengirim dan menerima paket data internet sebesar 70Mbps. Lalu untuk jarak dapat menyakup luas 70 Miles (112.6 KM). Namun hal ini dapat menurun jika terpengaruh oleh interverensi luar seperti hujan, gelombang electro magnetic, dan lainnya. Hal tersebut dapat mengakibatkan penurunan bandwidth menjadi 10 Mbps dalam jarak 2 KM.


Fibre Optic (FO) atau disebut 802.8, merupakan media yang dapat digunakan untuk mengakses internet. Berbeda dengan WiMAX, FO merupakan kabel yang berisi serat optik yang dilapisi pelindung cukup tebal pada lapisan luar. Dengan mengirim sinyal cahaya pada serat-serat tersebut, dapat mempercepat pengiriman data bagi masing-masing pihak. Keunggulan dari  FO ini juga terdapat pada bandwidth dan jarak jangkauan. FO relatif lebih unggul jika dibandingkan dengan WiMAX.  Untuk bandwidth dapat mencapai 40 Gbps dan jarak adalah ratusan km.

Masing-masing teknologi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti:

WiMAX:
Kelebihan: Tanpa Kabel, Biaya lebih murah,
Kekurangan: Tidak stabil, tetap lebih mahal jika dibandingkan dengan 3G Wireless.

Fibre Optic:
Kelebihan: Cepat, Jarak jangkauan Jauh, aman
Kekurangan: Harga Premium, sulit digunakan

Hingga keputusan kita dalam memilih media yang lebih cocok untuk rumah, kantor, dan lainnya adalah berdasarkan kebutuhan yang sesuai.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: