E-Hunting Mobil Sports (Ferrari vs Porsche)

5 01 2011

Saat ini website merupakan salah satu media yang digunakan oleh setiap orang untuk mencari informasi sebelum membeli suatu produk. Dan produk yang memiliki nilai dan fungsi yang sama, juga tersedia dalam berbagai macam brand. Hal ini lah menyebabkan tiap orang melakukan analisis perbandingan, hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produk dengan brand yang dikehendaki. Sehingga Website merupakan sebuah media penting yang harus diperhatikan sebuah perusahaan untuk “memancing” calon pembeli untuk memilih produk mereka.

Dalam kasus ini kita dapat mencoba melakukan perbandingan website dari 2 brand, yang memiliki kategori industri dan produk yang sama. Kita akan membandingkan website Ferrari dan Porsche. Kedua brand tersebut dikenal sebagai brand mobil sport mewah di dunia. Kita dapat melakukan penilaian pada masing-masing website dengan menggunakan parameter kecepatan membuka website, kemudahan, fitur, dan kreativitas.

Ferrari

Pada tampilan awal dari Ferrari.com, terlihat website tersebut didesign dengan graphic yang sangat baik. Animasi yang interaktif merupakan keunggulan dari Ferrari. Namun hal ini menyebabkan setiap orang yang membuka website Ferrari, untuk menunggu waktu beberapa saat hingga tampilan utama tersebut terbuka secara sempurna. Hal ini merupakan hambatan bagi pihak yang mengakses dengan kecepatan bandwidth internet tidak besar. Dan dapat mengakibatkan Ferrari kehilangan pelanggan potensial mereka.

Jika kita lihat dari sisi kemudahan ketika mem-browsing di website tersebut, cukup detail namun relatif rumit. Hal ini dapat membingungkan pelanggan untuk mencari informasi terhadap produk dari Ferrari. Kita contohkan untuk apabila kita ingin mencari informasi detail terhadap mobil baru, yang akan kita rencanakan untuk dibeli. Untuk mencari model tipe 559 GTO, dibutuhkan waktu untuk membuka detail model tersebut. Hal ini disebabkan karena web tersebut disajikan dengan “almost full animation”. Dan saya membutuhkan perpindahan page sebanyak 2x untuk mendapatkan spesifikasi teknis dari mobil tersebut.

Termasuk untuk mencari re-seller yang ada di Indonesia, kita membutuhkan 3x pergantian page. Hingga akhirnya kita mendapat alamat dan telephone dari re-seller yang terdapat di Indonesia.

Porsche

Tampilan Porsche.com secara automatis menampilkan animasi dalam jumlah yang sedikit. Hal ini mengakibatkan para browser dapat mengakses website tersebut dengan response yang cepat. Porsche.com juga memiliki fitur dengan dengan konsep full of animation, namun pengunjung web harus memilih fitur Start Web Special yang ada pada halaman utama. Hal ini lebih baik karena pengunjung diberi kebebasan untuk memilih untuk mengakses web dengan sedikit atau banyaknya animasi.

Untuk memilih product yang dipasarkan oleh Porsche, mereka sudah memasang kategori model mobil pada halaman awal mereka. Sehingga jika kita arahkan ke menu tersebut, maka akan muncul sub-menu nya tanpa perlu berganti halaman website. Sub-menu tersebut berisi tentang tampilan gambar dari model yang kita pilih. Dan untuk mendapatkan spesifikasi teknis dari model tersebut hanya melakukan pergantian halaman sebanyak 1x. Dan ini sangat mempermudah dan mempercepat pengunjung untuk mendapatkan informasi tentang model Porsche.

Untuk mencari re-seller yang terdapat di Indonesia, Porsche bekerja sama dengan Google untuk menunjukkan re-seller yang dimaksud dalam bentuk peta demografis. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan Ferrari yang menampilkan alamat serta nomor telephone yang dapat dihubungi di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu keunggulan Porsche, dimana pengunjung akan mendapatkan sebuah gambaran real tentang lokasi reseller di Indonesia.

Lalu salah satu kunci keunggulan Porsche.com jika dibandingkan dengan Ferrari.com adalah tentang fitur “Build Your Porsche”. Disini para pengunjung dapat menggunakan fitur simulasi, untuk merangkai model Porsche mereka sesuai keinginan costumer. Sehingga para pelanggan akan merasakan bahwa pesanan mobil mereka merupakan dibuat berbeda dengan Porsche model lainnya. Costumize yang dapat dilakukan adalah dari exterior, interior, mesin, accessories, dan fitur lainnya. Dan kita akan mendapatkan Porsche yang sesuai keinginan, dan khusus untuk kita.

Opini 

Kita dapat menyimpulkan dari analisa yang kita lakukan berdasarkan parameter-parameter yang sudah disebut sebelumnya. Saya menyimpulkan bahwa website Porsche.com lebih cepat diakses, lebih mudah digunakan, dan memiliki suatu kepuasan tersendiri untuk dikunjungi. Sehingga web tersebut dapat berguna bagi setiap pihak, tidak hanya untuk orang yang berencana membeli mobil sport mewah tersebut.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: